Pendidikan Indonesia

Hari Buruh Internasional

Posted on: Mei 19, 2013

Hari Buruh Internsional

Hari Buruh Internsional

Peringatan Hari Buruh,

JAKARTA, BB – Presiden SBY akan mengumumkan Hari Buruh Sedunia yang jatuh setiap 1 Mei menjadi hari libur nasional.
Namun, Hari libur ini rencananya berlaku mulai tahun 2014. Ini merupakan kado istimewa yang sudah ditunggu-tunggu oleh para buruh dan pekerja dari sejak lama.
“Ini kado istimewa dan Insya Allah akan disampaikan pada 1 Mei mendatang di PT Maspion atau PT Unilever. Beliau (Presiden Susilo Bambang Yudhoyono) akan memberikan kado yang sudah kami tunggu-tunggu lama sekali, yaitu akan menjadikan 1 Mei menjadi hari libur nasional pada tahun-tahun berikutnya,” kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal usai bertemu Presiden SBY di Kantor Presiden Senin 29 April 2013.

Hari Buruh Internasionl tanggal 01 Mei 2013

Dalam pertemuan, lanjut Said, Presiden SBY juga mengungkapkan rasa empatinya terhadap para buruh. “Presiden mengatakan berasal dari orang kecil, maka sudah barang tentu hati dan empatinya sama seperti yang dirasakan orang kecil dan masyarakat miskin, termasuk buruh yang tergolong dalam kaum marginal,” Said menjelaskan.
Pimpinan serikat pekerja/buruh dalam pertemuan tadi menyampaikan jangan ada penangguhan upah minimun yang tidak sesuai aturan main, yaitu Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. 231 tahun 2003. Dalam kesempatan ini, ditekankan pula tentang upah guru honorer. Para buruh meminta guru honorer harus mendapatkan upah minimum.

Berkenaan Perencanaan tanggal 01 Mei sebagai Hari Libur Nasional

Menurut Said, Presiden SBY menyambut baik usulan tersebut. Soal penangguhan pembayaran upah minimum memang ada aturannya. Tapi dengan syarat, seperrti ada audit , diketahui pekerja atau serikat pekerja, dan perusahaan bersangkutan memang rugi. “Kalau tidak ada syarat-syarat tersebut, jangan dipermudah,” ujar Said.

Sementara itu, Ketua Umum Konfederasi Kongres Aliansi Buruh Indonesia Nining Elitos, yang turut menyampaikan keterangan pers, mengatakan serikat pekerja akan terus mendorong penghapusan sistem outsourcing, penghentian tindakan premanisme, dan kriminalisasi terhadap serikat buruh.
KSPI juga berjanji tidak akan memblokir jalan tol, demo tahun ini akan diadakan tanpa tidakan-tindakan anarkis atau yang merusak.

Tinggalkan komentar

Tulisan Terakhir

Arsip

homeq