Pendidikan Indonesia

Pengawas Ujian Nasional

Posted on: Mei 19, 2013

Pengawas UN Wajib Memberi Penjelasan Tentang Naskah Soal dan LJUN

LJUNUjian Nasional tinggal beberapa hari namun masih banyak peserta atau guru yang belum begitu tau tentang ujian nasional pada tahun 2012/2013 sangat berbeda dengan tahun-tahun kemarin. Pengawas Ujian Nasional (UN) 2012/2013 sebelum dimulainya ujian nasional, pengawas wajib meberikan penjelasan kepada peserta Ujian Nasional bahwa “Naskah soal dan Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan artinya menjadi satu”. “Keduanya bersatu dan merupakan pasangan,” Jika siswa mengerjakan naskah soal Ujian Nasionl dengan Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) yang bukan pasangannya, maka akan menjadi masalah bagi siswa tersebut, dan kemungkinan besar nilainya akan rendah. Oleh karena itu, para peserta Ujian Nasional agar benar-benar memperhatiakn naskah soal dan Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) adalah pasangannya dan jangan sampai tertukar dengan lembar jawab milik peserta lain karena naskah soal dan lembar jawab sudah disertai code.

Penjelasan Lain Yang Tidak Kalah Pentingnya Untuk di Sampaikan Oleh Pengawas Ujian Nasional Kepada Peserta Ujian Nasional adalah:

1) Mewajibkan peserta Ujian Nasional untuk menuliskan nama dan nomor ujian pada kolom yang tersedia di halaman 1 (satu) naskah soal dan Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) sebelum dipisahkan.

2) Mewajibkan peserta Ujian Nasional untuk memisahkan Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) dengan naskah soal

3) Mewajibkan peserta Ujian Nasional untuk melengkapi isian pada Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) secara benar

4) Memastikan peserta Ujian Nasional telah mengisi identitas dengan benar sesuai dengan kartu peserta.

Untuk Peserta Ujian Nasonal

1) Memastikan bahwa Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) dan naskah dalam keadaan bersatu, dan meminta ganti jika Lembar Jawab dan naskah sudah terlepas terlebih dahulu

2) memeriksa naskah soal halaman per halaman dan pastikan tidak ada yang rusak jika ada naskah soal yang rusak agar segera meminta ganti kepada pengawas Ujian Nasional

3) membubuhkan identitas secara bersamaan pada naskah soal dan sekaligus pada Lembar Jawab Ujian Nasional (LJUN)

4) memisahkan (merobek) LJUN dari naskah soal

5) mulai mengerjakan ujian.

Ujian Nasional pada tahun 2012/2013 memang sangat berbeda dengan ujian nasional pada tahun-tahun sebelumnya mulai dari jumlah soal tata cara pengerjaannya. Namun semua itu dilakukan oleh pemerintah untuk menciptakan lulusan yang jujur dan mengurangi kecurangan(mencontek).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pos-pos Terbaru

Arsip

homeq

%d blogger menyukai ini: