Pendidikan Indonesia

e-KTP Boleh di Foto Copy atau Tidak

Posted on: Juni 4, 2013

Elektronik-Kartu Tanda Penduduk

Elektronik-Kartu Tanda Penduduk

e-KTP Boleh atau Tidak Jika di Foto Copy

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama kembali melontarkan kritik terhadap pembuatan Kartu Tanda Penduduk elektronik atau e-KTP. Kali ini, ia mengomentari surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri yang mengatakan e-KTP tidak bisa di fotocopy karena dapat merusak chip data yang ada di dalamnya. Sebelum mendapat dukungan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), yang mengatakan e-KTP boleh di fotocopy, pria yang akrab disapa Ahok itu menegaskan sejak awal ia tidak sependapat dengan edaran yang dikeluarkan oleh Kemendagri.

Ahok menjelaskan, bahwa telah terjadi kesalahpahaman dalam penggunaan e-KTP. Menurutnya, berdasarkan penjelasan LIPI, chip dalam e-KTP tidak akan rusak hanya karena di fotokopi. “Ternyata fotokopy e-KTP juga boleh kok. Saya kira itu salah paham saja. Mana ada chip tidak boleh di fotokopi, karena takut rusak. Mana ada teknologi seperti itu, ya kan” katanya Ahok di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Selasa (14/5/2013).

Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengeluarkan surat edaran (SE) yang menyatakan kartu elektronik kartu tanda penduduk (e-KTP) tidak boleh di fotokopi, distapler dan diperlakukan buruk hingga merusak fisik kartu. Kemendagri menjelasakan larangan tersebut dilakukan agar mencegah kerusakan data di setiap kartu penduduk.

Meski terus mengelurkan penyataan yang mengkritik Kemendagri, namun Ahok mengaku tak menolak program e-KTP yang dicanangkan pemerintah pusat. Hanya saja ditegaskannya, penolakan dilakukan terhadap sistem yang dikeluarkan Kemendagri, yang mengharuskan Pemda membeli card reader e-KTP di satu perusahaan saja. “Memang aku tidak nolak e-KTP kok. Cuma yang ditolak itu kan sistemnya. Yang kita protes itu kenapa card reader e-KTP, blanko pembeliannya harus dibeli di satu perusahaan saja? Wah ini masalahnya” jelasnya.

Sebagai bukti dirinya menerima penerapan e-KTP, Ahok menjelaskan tetap akan melakukan pengadaan card reader bagi seluruh kelurahan di DKI Jakarta. “Harus itu. Kita sudah punya disemua kelurahan. Hanya masalahnya instansi yang lain kan tidak” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pos-pos Terbaru

Arsip

homeq

%d blogger menyukai ini: